PUSKESMAS SELAYANG PANDANG

Puskesmas ( PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT ) adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat. Fungsinya membina peran serta masyarakat, dan memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerja, dalam bentuk enam kegiatan pokok puskesmas. Dengan kata lain puskesmas mempunyai tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya.
Kedudukan puskesmas dalam sistim kesehatan nasional sebagai sarana pelayanan kesehatan pertama yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Sedangkan dalam sistim kesehatan di Kabupaten/Kota, kedudukan puskesmas sebagai unit pelayanan teknis Dinas Kesehatan Kota Jambi, yang bertanggung jawab menyelenggarakan sebagian tugas pembangunan kesehatan kota di wilayah kerjanya.
Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas yaitu pelayanan promotif (upaya peningkatan kesehatan), pelayanan preventif (upaya pencegahan), pelayanan kuratif (pengobatan), dan pelayanan rehabilitatif (upaya pemulihan kesehatan).
Pembangunan kesehatan yang dilaksanakan puskesmas adalah mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional, yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi orang yang bertempat tinggal di wilayah kerjanya, Agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat 2010.


  1. santi

    penulis artikel ini siapa?




Tinggalkan komentar